Tips Beli Sapi Kurban Agar Sesuai Syarat Agama

Tips-Beli-Sapi-Kurban-Agar-Sesuai-Syarat-Agama

Semangat berkurban masyarakat muslim memang patut diacungi jempol. Bagaimana tidak, semakin ke sini semakin banyak orang yang memahami betapa pentingnya berqurban. Qurban sendiri adalah kegiatan yang dilakukan dengan cara menyembelih hewan ternak seperti kambing, sapi, unta, dan juga kerbau di hari tertentu. Pelaksanaanya dilakukan pada hari raya idul Adha bersama dengan tiga hari tasyrik.

Pahala terbaik akan didapatkan dari amalan terbaik. Hal ini juga berlaku pada saat akan menyembelih hewan qurban. Pemilihan hewan harus berdasarkan segala aspek terbaik dalam syariat mulai dari kesehatan hingga kesempurnaan beribadah. Berikut tips beli sapi kurban yang sesuai syarat agama Islam.

Syarat Pembelian Sapi Untuk Kurban Sesuai Syariat

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi pada saat beli sapi kurban. Pasalnya, sapi yang tidak memenuhi syarat tak akan dianggap sebagai qurban, namun hanya dianggap sebagai sodaqoh biasa.

  • Cukup umur

Sapi adalah hewan ternak yang diperbolehkan untuk qurban. Namun, sebelum membeli, perhatikan terlebih dahulu apakah sapi tersebut telah cukup umur atau tidak. Sesuai dengan syarat agama, sapi yang diperbolehkan untuk berqurban adalah sapi dengan batasan umur musinnah atau berusia dua tahun.

Cukup umur bisa dilihat dari fisik sapi. Kemudian dilihat juga apakah sudah terdapat pertumbuhan sepasang gigi tetap di rahang hewan sapi. Karakter gigi susu kecil dan runcing, sedangkan gigi tetap dari hasil pergantian adalah rata dan besar.

  • Sapi yang gemuk

Selain cukup umur, sapi juga harus gemuk dan sehat sempurna. Hal ini dilakukan agar daging yang didapat banyak sehingga bisa dibagikan untuk masyarakat secara lebih meluas.

  • Sapi yang sehat

Pilihan selanjutnya saat akan membeli sapi adalah sapi yang sehat. Caranya adalah dengan memperhatikan mata hewan, pilihlah sapi dengan mata yang cerah dan juga tidak berair. Kemudian cek juga bagian hidung sapi. Hewan yang sehat akan memiliki hidung yang basah dan juga berair.

Bulu hewan juga harus selalu dipastikan dalam keadaan bersih dan tidak kusam. Selain itu, harus dipilih juga sapi dengan tingkat nafsu makan yang baik dan gerakan lincah.

Beli sapi kurban tak bisa dilakukan dengan sembarangan. Pasalnya, jika tak memenuhi syarat, maka kegiatan tersebut tak bisa dianggap sebagai kegiatan kurban namun akan dianggap sebagai sedekah saja. Sehingga penting melihat bagaimana syarat sapi sebelum membeli sapi untuk kurban.